Langsung ke konten utama

TAHAPAN-TAHAPAN MENDAFTAR WISUDA KE-45 IAIN SURAKARTA (MY EXPERIENCE)

 


Bagi kalian mahasiswa akhir yang sudah lulus munaqasah dan yudisium, kemudian akan segera mendaftar wisuda. Mungkin dari teman-teman ada yang masih bingung mengenai alur atau tahapan-tahapan pendaftaran wisuda. Di blog ini saya akan berbagi pengalaman saat mendaftar wisuda.

Pendaftaran wisuda IAIN SURAKARTA di mulai tanggal 28 September sampai 2 Oktober 2020. Pendaftaran wisuda ternyata sangat rumit, apalagi di tahun ini jarak antara yudisium dan pendaftaran wisuda terlalu dekat karena adanya Covid-19 yang menunda wisuda ke-44 sebelumnya.

Hari Senin 28 September 2020, saya baru mengeprint 3 hard skripsi dan 4 CD berisi file skripsi kalian dalam bentuk word dan pdf, untuk dikumpulkan ke dosen pembimbing, perpustakaan, dan akademik serta penguji 1 dan 2.

Hari Rabu, 30 September 2020, hard skripsi dan cd baru saya ambil karena membutuhkan waktu untuk menjilidnya 3 hari dengan ongkos Rp 17000, kalau sehari jadi Rp 35.000 (mahal guys hehe...). kemudian saya menuju ke perpustakaan untuk mendapatkan kartu bebas perpus pusat dengan syarat mengumpulkan hard skripsi dan CD, serta menyumbangkan satu buku yang harus dibeli di depan perpus pusat, saat itu saya membeli buku (home sweet home) harga Rp 50.000 (tinggal itu yang paling murah ,,haha...). Selanjutnya menemui dosen pembimbing mengumpulakan hard skripsi, sedangkan penguji 1 dan 2 mengumpulkan CD. Mungkin dari kalian dapat mengeprint jauh-jauh hari ya, agar mempersingkat waktu karena proses ini sangat lama jika harus menunggu dosen untuk meminta tanda tangan sebagai bukti penyerahan skripsi kalian.

Hari Kamis, 1 Oktober 2020, saya pergi ke Bank Jateng untuk membayar pendaftaran wisuda IKAFAB (Ikatan Alumni Fakultas Adab dan Bahasa) sebesar Rp 350.000. setelah itu mendaftar wisuda fakultas dengan mengisi link yang nantinya akan diumumkan di siakad. Saat mengisi link, pastikan file yang kalian akan uploud sudah lengkap, kemudian konfirmasi nama dan nim di grub whatsapp wisuda FAB. Pihak akademik akan memferivikasi data kalian jika sudah lengkap, sebelum itu kalian juga harus mengklik “IKUT WISUDA” terlebih dahulu di siakad.

Hari Jum’at 2 Oktober 2020, setelah akademik fakultas memverivikasi data kalian, baru lah kalian dapat mendaftar wisuda yang diselenggarakan Institud, dengan mengumpulkan pas foto hitam putih 4 lembar (kertas dop), legalisir ijazah terakhir 1 lembar (jika belum dilegalisir tidak apa apa), 1 lembar fotocopy KTP diperbesar 200x. Kemudian setelah menyerahkan berkas persyaratan, kalian akan mendapatkan kertas sebagai tanda terima pendaftaran wisuda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalamanku Mendaftar Kerja Management Trainee di Mie Gacoan

 Pengalamanku Mendaftar Kerja Management Trainee di Mie Gacoan Hai..teman-teman, aku akan sharing pengalaman ku mendaftar kerja di Management Trainee Mie Gacoan. Ada beberapa tahapan saat mengikuti seleksinya, pertama tahapan berkas, yang aku kirim melalui email. Kemudian tahapan kedua, tes tertulis online. Dalam tes tertulis itu, ada beberapa soal:  soal matematika dan soal persamaan kata. Tahapan seleksi kedua, yaitu interview yang dilakukan secara online (video call via WhatsApp). Dalam interview itu, ada beberapa pertanyaan: pertama perkenalan diri, kedua, apakah sebelumnya pernah mendaftar, ketiga, adakah teman atau saudara yang mengajak atau bekerja di Mie Gacoan. Keempat, pernahkah kalian mengikuti organisasi. Kelima, pernahkah menjadi pemimpin. Keenam, hal apa yang sulit dalam memimpin organisasi/kelompok. Ketujuh, bagaimana kalian mengatasi kesulitan tersebut. Kedelapan, bagaimana jika atasan kamu tidak menyukai kamu.  Setelah itu jika lolos tes seleksi akan langsung bisa meng

Pengalaman Mendaftar kerja di Ruang Guru sebagai Sales Training Academy (STAR Ruang Guru)

  Hai, ..mungkin dari kalian ada yang sedang mencari kerja ataupun freshgraduation dan tertarik untuk mengikuti program STAR Ruang Guru, di blog ini saya akan berbagi pengalaman mengikuti seleksi STAR Ruang guru yang merupakan perusahaan star up dalam bidang pendidikan. Biasanya pendaftaran di buka menjelang akhir tahun. Program Star ini merupakan program untuk mencari calon-calon agent yang akan dipersiapkan untuk menjadi Field Education Consultant (Field Sales), dan Outbound Education Consultant (Telesales) agar mendapatkan consultan education ruang guru yang terbaik. Tidak hanya itu saat proses training nantinya kalian juga kan diberi uang saku 750.000 dan uang kouta 150.000, jika nantinya kalian lolos. Pendaftarannya juga cukup sulit karena masih melewati beberapa tahapan-tahapan, serta jika masuk training setiap minggunya juga akan diseleksi. Saya pendaftar STAR Ruang Guru Batch 3, pendaftran nya juga cukup rumit, karena disuruh mengisi google form: data diri, uploud surat per

Pengalaman Melamar Kerja di PT VADS INDONESIA Posisi Live Chat E-commerce (Shopee)

  Pengalaman Melamar Kerja di PT VADS INDONESIA Posisi  Live Chat E-commerce (Shopee)   Pengalaman saya mendaftar di PT VADS melalui beberapa tahapan. Pertama saya mengirim lamaran kerja melalui email, dengan mengirim CV dan berkas lamaran lainnya seperti ijazah, transkip nilai, SKCK, KTP yang dibuat menjadi satu file pdf. Di body email saya menuliskan surat lamaran kerja saya, jadi tidak kosong ya temen temen hehe.., Alhamdulilah setelah 3 hari, pihak PT VADS memberikan informasi bahwa saya lolos melalui via WhatsApp dan akan mengikuti tahap 2 yaitu tes psikotes online. Saat itu saya sangat bingung sekali karena pertama kali akan tes psikotes yang dilakukan online. Tapi tenang saja ya teman teman..., ternyata tes psikotes online cukup mudah asalkan kalian mengikuti panduan dari penguji. Tes psikotes online dilakukan melalui google meet dan harus menggunakan laptop, jadi nanti kalian masuk Google terlebih dahulu baru ke google meet dengan tetap me