SEJARAH PERKEMBANGAN KEMASAN PADA BAHAN PANGAN
Pengemasan pada makanan pasti sudah ada sejak zaman dahulu. Pengemasan digunakan untuk membungkus makanan yang masih ada untuk perbekalan. Kita tahu bahwa masyarakat dahulu memiliki tradisi nomaden (berpindah-pindah) dari tempat satu ke tempat lainnya. Berikut ini pengemasan menurut zamannya:
- Zaman Prasejarah
Bahan kemasan pada zaman ini menggunakan bahan-bahan dari alam, seperti; dedaunan, kulit buah, kulit kayu, pelepah, batu-batuan, kerang, dan kulit binatang.
- Zaman Paleolitik
Perkembangan pengemasan pada zaman ini dibuat dari rumput yang dianyam atau dari ranting-ranting yang lentur berbentuk keranjang.
- Zaman Neolitik
Perkembangan pengemasan pada zaman ini dibuat dari bahan logam dan tanah liat. Bahan logam yang dibentuk seperti cawan, baki.
- Zaman Sumerian
Perkembangan pengemasan pada zaman ini dibuat dari kaca, yang digunakan untuk wadah cairan seperti ramuan obat. Pada tahun 750, perkembangan kemasan yang terbuat dari tanah berbentuk botol, toples, dan tempayan.
- Pada Tahun 1800-an
Tingkat populasi semakin bertambah di Eropa dan Amerika, mengakibatkan meningkatnya permintaan konsumen, sehingga muncullah kemasan yang terbuat dari kaleng, alumunium, kaca, kantong kertas.
- Pada Tahun 1817
Perkembangan pengemasan pada tahun ini berupa kotak kardus yang dibuat di Inggris, setalah Cina menemukan kertas pada tahun 1600-an. Pada tahun 1839, mulailah kemasan kardus diproduksi secara komersial.
- Abad Pertengahan
Pada abad ini, manusia sudah berpikir mengenai fungsi kemasan agar melindungi barang dari efek cuaca atau proses alam yang dapat menyebabkan kerusakan pada barang. Bahan kemasan di abad pertengahan terbuat dari kulit, kain, kayu, batu, keramik dan kaca.
- Pada tahun 1980-an
Pada zaman ini persaingan di dalam dunia usaha semakin signifikan, model kemasan sangat berpengaruh pada strategi pemasaran. Maka model kemasan harus memiliki keunikan dan menarik untuk memikat daya beli konsumen.
- Pada tahun 1990-an
Pada tahun ini produsen-produsen produk kemasan sudah merekrut orang dalam tim pengembangan produk dan desain kemasan sebagai tim pemasaran.
Referensi:
https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_dir/c9a1b826775100e453c42afde60b5e9.pdf
Komentar
Posting Komentar